Cara mengatasi Keputihan Ku

Cara mengatasi keputihan secara alami menjadi pilihan alternatif bagi para wanita terutama yang ingin menghindari efek samping negatif dari penggunaan bahan-bahan yang mengandung zat kimiawi. Keputihan merupakan penyakit atau gangguan pada organ kewanitaan yang umumnya terjadi setelah atau sebelum haid, dimana hal ini merupakan hal yang wajar dan hampir semua wanita pernah mengalaminya karena ternyata keputihan juga berfungsi untuk membersihkan daerah organ kewanitaan.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Ada 2 jenis keputihan yang perlu Anda kenali yaitu keputihan fisiologis (normal) dan patologis (abnormal). Bila Anda mengalami keputihan fisiologis hal tersebut merupakan hal yang normal dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena biasanya akan terjadi setiap bulan di masa subur. Namun bila mengalami keputihan patologis maka Anda harus mewaspadainya karena bisa jadi merupakan gejala awal dari beberapa penyakit kronis seperti kista rahim, kanker serviks, atau penyakit kelamin lainnya.

4 Penyebab Utama Keputihan
Ada 4 penyebab utama keputihan yang perlu Anda kenali sejak dini, agar bisa melakukan tindakan yang tepat untuk menanganinya, yaitu :

1. Bakteri Gardnella

Ciri-ciri keputihan yang disebabkan oleh bakteri Gardnella adalah warna keputihan keabuan, berbuih dan berbau tidak sedap (amis). Bakteri ini juga dapat memicu penyakit kelamin seperti gnorhoea atau sifilis.

2. Jamur Candidas/ Monilia

Ciri keputihan yang disebabkan oleh jamur adalah warnanya seperti susu putih, kental, sangat berbau dan biasanya disertai dengan rasa gatal pada vagina. Biasanya dipicu oleh menurunnya daya tahan tubuh, pemakaian Pil KB atau penyakit kencing manis.

3. Parasit Trichomonas Vaginalis

Cirinya keputihan berwarna kuning kehijauan, kental, dan berbau anyir, dan biasanya akan menyebabkan rasa nyeri pada Ms. V, saat di tekan. Biasanya disebabkan oleh perlengkapan mandi atau penggunaan kloset yang tidak bersih dan mengandung parasit.

4. Virus

Virus seperti herpes, condyloma, HIV/AIDS bisa menjadi penyebab keputihan dengan ciri tumbuh kutil yang banyak dan disertai dengan cairan keputihan yang berwarna kekuningan yang terasa panas dan berbau amis.

Cara Mencegah Keputihan
Sebelum mengetahui apa saja cara mengatasi keputihan secara alami, ada baiknya bila Anda mengetahui beberapa cara untuk mencegah keputihan, diantaranya adalah :

– Batasi konsumsi gula dan makanan yang mengandung bahan pengawet
– Pastikan waktu tidur Anda cukup (minimal 5-6 jam sehari)
– Jagalah kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan mengganti secara teratur pakaian dalam atau pembalut, dan gunakan bahan kain celana yang tidak ketat atau dari bahan katun yang dingin dan mudah menyerap keringat.
– Cuci pakaian sampai benar-benar bersih dengan menggunakan air yang higienis dan bersih.
– Jagalah kebersihan tubuh secara keseluruhan dan hindari penggunaan pembersih wanita yang mengandung pengharum (parfum).
– Jangan biasakan menggaruk vagina meskipun terasa gata.

3 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami
setelah mengetahui penyebab dan cara mencegah keputihan, maka selanjutnya adalah mengetahui cara menghilangkan keputihan secara alami yang bahan-bahannya mudah didapatkan, yaitu :

1. Kunyit asam

Kunyit dan asam merupakan baha-bahan yang hampir ada disetiap dapur keluarga Indonesia dan memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti keputihan, hepatitis, dan gangguan pencernaan.

Cara membuatnya :

– Ambil 3-4 buah kunyit sebesar ibu jari, setelah itu kupas dan cuci sampai bersih
– Parut kunyit dan peras untuk diambil sarinya.
– Setelah itu tambahkan air asam, dan larutan gula aren pada air perasan kunyit, dan aduk sampai rata.
– Kemudian silahkan diminum, untuk hasil terbaik sebaiknya dikonsumsi 2 kali sehari.

2. Daun sirih dan temulawak

Daun sirih lebih dikenal untuk memperkuat gigi dan sudah sejak dulu para orang tua melakukan tradisi “nyirih” untuk menjaga kesehatan gigi, dan ternyata daun sirih juga berkhasiat untuk mengatasi keputihan.

Cara membuatnya :

– Siapkan 10-12 lembar daun sirih yang ukuran sedang, temulawak dan kunyit satu ruas
– Cuci sampai bersih semua bahan, setelah itu kupas kunyit dan potong dengan ukuran yang kecil-kecil
– Setelah itu rebus semua bahan, dalam satu liter air sampai mendidih, setelah itu biarkan suhu air hangat, lalu basuhlah Ms. V Anda dengan menggunakan air rebusan tersebut, sebaiknya dilakukan 2 kali sehari

3. Lidah buaya dan daun sambiloto

Kandungan vitamin C, E, antioksidan, anti jamur, anti septik, anti virus dan anti bakteri pada lidah buaya sangat berkhasiat untuk mengobati keputihan.

Cara membuatnya :

– Siapkan 2-3 batang lidah buaya dan 5 lembar daun sambiloto
– Kupas kulit lidah buaya, setelah itu potong-potong, lalu masukkan kedalam blender untuk dihaluskan.
– Setelah halus rebus bersama dengan 5 lembar daun sambiloto dan dua gelas air
– setelah air mendidih, tunggu sampai air hangat dan gunakanlah untuk membasuh Ms. V Anda, sebaiknya dilakukan 2 kali sehari.

Semoga uraian singkat diatas dapat memberikan tambahan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang mungkin sedang mencari informasi tentang cara menghilangkan keputihan secara alami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s